5 Cara Bersaing dengan Kompetitor Bisnis agar Sukses
Dalam dunia bisnis, cara bersaing
dengan kompetitor bisnis adalah hal penting yang harus selalu diperhatikan. Mengapa?
Karena setiap peluang bisnis pasti memiliki kompetitor. Meskipun muncul sebuah
bisnis baru yang benar-benar unik, dapat dipastikan akan muncul pesaing dalam
bisnis serupa. Oleh karena itulah, memahami bagaimana langkah tepat untuk
menghadapi kompetitor agar kegiatan bisnis tetap dapat dijalankan dengan
maksimal menjadi hal yang benar-benar penting untuk dikuasai.
Kompetitor Merupakan Sarana Pembelajaran Bisnis yang Paling Baik
Sumber Gambar: https://saveasbrand.com/5-tips-mengalahkan-kompetitor-bisnis-anda/ |
Ada banyak pelaku bisnis pemula
yang menganggap bahwa memiliki kompetitor merupakan ancaman untuk kegiatan
bisnis yang mereka jalankan. Padahal seorang pebisnis sukses selalu menjadikan
kompetitor sebagai media pembelajaran yang sangat baik dalam mengembangkan
bisnis.
Alasannnya, tanpa adanya
kompetitor, tidak akan ada tantangan untuk pebisnis sehingga ide-ide baru
jarang muncul. Sebaliknya, dengan adanya kompetitor bisnis, maka para pelaku
bisnis akan mencari berbagai cara demi bersaing dengan kompetitor tersebut.
Dari sinilah kemudian muncullah ide kreatif demi membangun bisnis tertentu.
Para pelaku bisnis sukses akan
mengamati gerakan kompetitor dan menjadikan kekurangan sistem bisnis mereka
sebagai kelebihan. Dengan kata lain, semakin banyak kompetitor yang
bermunculan, maka bahan referensi untuk mengembangkan bisnis akan semakin
besar.
Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Kompetitor
Sebelum mengulas lebih jauh tentang
cara bersaing dengan kompetitor bisnis, Anda harus memahami bahwa ada beberapa
alasan mengapa Anda membutuhkan kompetitor bisnis. Di antaranya adalah sebagai
berikut:
Munculnya Adrenalin dalam Menjalankan Bisnis
Sekedar informasi, adrenalin yang
tercipta dari adanya ketegangan dalam bentuk persaingan terkadang benar-benar
dibutuhkan. Hal ini tentunya bukan untuk memberikan beban berupa rasa stress
pada Anda, namun memaksa pikiran untuk berpikir lebih kreatif. Pasalnya di
balik setiap ketegangan yang terjadi, pola pikir akan terpacu dalam berkembang
menjadi lebih baik.
Sebaliknya, ketika Anda berada
dalam sebuah zona bisnis yang nyaman, maka kegiatan bisnis dan pola pikir Anda
akan lebih statis serta tak reaktif terhadap adanya perubahan. Inilah salah satu
alasan mengapa kompetitor memiliki peranan yang penting dalam setiap kegiatan
bisnis.
Memicu Kemampuan Berinovasi
Seperti yang dijelaskan di atas,
adanya kompetitor akan memaksa Anda dalam memunculkan inovasi baru untuk
kegiatan bisnis Anda. Contohnya adalah ketika Anda berada pada zona nyaman,
maka perasaan Anda akan selalu merasa puas sehingga kemampuan berinovasi akan
menurun.
Sebaliknya, saat Anda berada pada
kondisi persaingan bisnis yang sangat ketat, maka mau tidak mau Anda harus
bersaing dengan seluruh lawan Anda, dalam hal ini kompetitor bisnis. Hanya saja
tak banyak pelaku bisnis yang dapat bertahan dengan tekanan berat seperti itu.
Akibatnya, banyak pebisnis pemula yang akhirnya menyerah di tengah jalan.
Memberikan Pelayanan yang Lebih Baik pada Pelanggan
Alasan ketiga mengapa Anda
membutuhkan kompetitor bisnis adalah karena kondisi tersebut dapat memacu
bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Untuk memahami
hal tersebut, mari gunakan sebuah analogi yang mudah dipahami.
Misalnya ada toko sembako A dan
toko sembako B yang lokasinya di tempat yang sama bahkan menjual produk-produk
yang sama. Namun ternyata toko sembako A memiliki lebih banyak pelanggan
daripada toko sembako B. Mengapa? Salah satu alasannya pastilah kenyamanan dan
kepuasan pelanggan saat membeli barang di toko sembako A. Dengan produk,
lokasi, serta harga yang sama, maka satu-satunya pembanding adalah pelayanan
yang diberikan pada pelanggan.
Setidaknya itulah beberapa alasan
logis mengapa Anda membutuhkan kompetitor agar dapat bersaing di dunia bisnis.
Lantas bagaimana cara bersaing dengan kompetitor bisnis tersebut? Anda tak
perlu terburu-buru dan simak saja ulasan berikut ini.
Tips Bersaing secara Sehat dengan Kompetitor Bisnis
Untuk bersaing secara sehat dengan
kompetitor bisnis, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Di antaranya
adalah:
Kenali Kompetitor dan Lakukan Pengamatan Pasar
Salah satu tips mengalahkan
kompetitor bisnis yang paling penting adalah mengenali siapa dan apa saja
kekuatan yang dimiliki oleh kompetitor tersebut. Dengan mengenali kompetitor
secara terperinci, maka Anda tak perlu lagi takut melakukan persaingan terbuka
untuk bisnis Anda.
Dalam hal ini, Anda dapat melakukan
pengawatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats atau
kekuatan, kelemahan, peluang/kesempatan, dan ancaman. Inilah patokan yang harus
benar-benar Anda kuasai saat ingin mengalahkan kompetitor. Dengan begitu, Anda
tak perlu lagi khawatir terhadap ketatnya persaingan di dunia bisnis.
Di samping itu, Anda juga harus
mengenali siapa saja target pasar Anda. Carilah celah dan potensi terhadap
sasaran pemasaran produk bisnis Anda pada pasar. Langkah ini juga tak kalah
pentingnya untuk menghadapi para pesaing bisnis.
Ciptakan Produk yang Unik dan Berbeda
Cara bersaing dengan kompetitor
bisnis yang selanjutnya yakni ciptakan produk-produk yang berbeda dengan
kompetitor. Hal ini karena setiap produk yang unik dan belum pernah dipasarkan
oleh pesaing memiliki nilai serta daya tarik tersendiri di mata konsumen. Dengan
begitu, konsumen pun akan lebih memahami produk Anda dan membandingkannya
dengan produk dari pelaku bisnis yang lain.
Tonjolkan Kelebihan Produk Anda
Cara berikutnya adalah dengan
mempertahankan kelebihan produk bisnis Anda. Di sini, Anda dapat melakukannya
dengan cara mempertahankan kualitas produk agar memiliki mutu yang terjamin.
Mengapa? Karena umumnya masyarakat Indonesia cenderung memilih produk yang
berkualitas meskipun dibandrol dengan harga sedikit lebih mahal daripada produk
murah namun berkualitas rendah.
Tekan Harga Seminimal Mungkin
Cara lain yang dapat dilakukan
untuk memenangkan persaingan bisnis dengan kompetitor adalah melakukan
permainan harga. Dalam arti jika Anda menawarkan produk dengan kualitas sama
dengan kompetitor, maka tekan harga serendah mungkin. Selain kualitas, harga
juga menjadi pertimbangan para konsumen.
Istilahnya adalah untuk apa membeli
produk yang lebih mahal dengan kualitas sama jika ada produk yang dibandrol
dengan harga lebih murah. Benar, kan? Inilah salah satu cara yang cukup jitu
untuk memenangkan pasar. Pasalnya tak sedikit pelaku bisnis pemula menjual
sebuah produk dengan harga yang lebih mahal agar cepat balik modal. Padahal itu
adalah cara yang salah.
Jadi tanamkan mindset bahwa lebih baik mendapatkan keuntungan sedikit dari sebuah
produk asalkan laris di mata konsumen daripada mendapatkan banyak keuntungan
namun hanya sedikit menarik perhatian konsumen. Meskipun keuntungan yang Anda
dapatkan sedikit, namun dengan banyaknya produk yang berhasil dijual, maka
keuntungan Anda pun akan berlipat ganda.
Berani Mengambil Risiko
Salah satu ciri pelaku bisnis
sukses adalah mereka yang berani mengambil risiko. Dalam arti besarnya risiko
yang diambil berbanding lurus dengan kemungkinan atau peluang dalam mendapatkan
kesuksesan di bidang bisnis. Hal ini karena Anda harus siap bersaing dengan
kompetitor yang juga berani mengambil risiko. Apabila Anda sudah takut
menghadapi risiko bisnis, maka dapat dipastikan bisnis Anda tidak akan
berkembang, bahkan dapat bangkrut. Inilah salah satu hal yang perlu Anda
perhatikan dalam menjalankan kegiatan bisnis.
Dengan memahami seluk beluk tentang
ketatnya persaingan bisnis dengan kompetitor, maka bisnis Anda akan semakin
kokoh. Sekedar saran, untuk pebisnis pemula, perhitungkan dengan baik segala
risiko serta peluang yang ada agar bisnis tersebut tetap dapat berjalan
meskipun banyak halangan yang harus dihadapi. Semoga ulasan mengenai cara
bersaing dengan kompetitor bisnis di atas bermanfaat bagi Anda.
0 Response to "5 Cara Bersaing dengan Kompetitor Bisnis agar Sukses"
Post a Comment